Rabu, 24 Agustus 2011

AhadPOS 1.2.0: Software Kasir Gratis dari Anak Negeri


Sebagai hadiah ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-66, Rimbalinux.com resmi meluncurkan software AhadPOS 1.2.0 kepada publik dengan kode rilis “Minangkabau”.

AhadPOS adalah software POS­—Point of Sales (software kasir/jual-beli) berbasis web dan diperuntukkan bagi kelompok UKM. Software ini, menurut pengembangnya di situs mereka, didesain untuk dapat:

  • Melakukan banyak transaksi jual-beli dengan akurat, mudah, dan cepat. Sehingga memungkinkan UKM untuk lebih berkembang.
  • Memungkinkan pelacakan stok/inventory yang akurat secara real-time, sehingga meminimalisir kemungkinan kebocoran, kecurangan, pencurian, dll.
  • Melakukan pencatatan transaksi keuangan yang akurat, mengingat salah satu kekurangan UKM adalah masalah pembukuan. Dengan AhadPOS, maka transaksi yang terjadi/mereka akan tercatat di database mereka secara otomatis, sehingga bisa terlacak secara akurat.
Screenshot menu  daftar barang


Salah satu (yang dianggap) keunggulan dari software ini -- menurut pengembangnya-- adalah platformnya yang berbasis web. Dengan demikian, software ini dapat digunakan dengan cepat, sangat fleksibel, mudah di-customize sesuai kebutuhan masing-masing pengguna, dan dapat diakses dari berbagai jenis perangkat elektronik seperti tablet, notebook, bahkan dari smartphone. Selain itu, software web-base juga akan dengan mudah di maintenance.

Mengapa menargetkannya kepada kelompok UKM? Karena kelompok usaha ini adalah basis ekonomi kerakyatan yang padat karya dengan jumlah yang sangat banyak, bertebaran di seantero negeri, tetapi dengan kekuatan modal yang sangat kecil. Mereka tentu tidak selalu mampu menggunakan software sejenis yang dijual dengan harga mahal. Dengan alasan itulah, software ini dirilis sebagai bentuk komitmen pengembang terhadap ekonomi rakyat, dan dapat didownload secara gratis di link download yang telah disediakan.

Dengan pencatatan transaksi yang akurat dan teratur, tentu akan menghasilkan pembukuan yang rapi dan baik. Pembukuan yang baik, selain akan memudahkan para pemilik usaha untuk menganalisa usahanya, juga tentunya akan memudahkan dalam pengajuan kredit pengembangan UKM dari bank, bukan?

Salut bagi anak bangsa yang senantiasa kreatif dan menggunakan kreatifitas mereka bagi kemaslahatan rakyat, bangsa, dan negara Indonesia. Terasa seperti segelas air bening pembasuh wajah di tengah kubangan lumpur yang tengah menjerat bangsa ini. MERDEKA!!


NOTE:
Menurut Om Kaskus, requirements yang dibutuhkan untuk menjalankan software ini sebagai berikut:
  • Operating System Client : Linux, Windows, Mac.
  • Operating System Server : Linux, Windows, Mac. 
  • Software Client : Firefox 3.x , Software Server : Apache 2.x, MySQL 5.0.x, PHP 5.x

2 komentar:

sonykuda mengatakan...

Wah mantap bro, bagus juga nih software yang mendukung UKM Indonesia
keep posting yah :D

Unknown mengatakan...

siiip. tengkyuh ^_^

Posting Komentar