Selasa, 13 September 2011

Tips & Tricks: Menggunakan Fungsi Subtotal Baru di Google Spreadsheets


Minggu ini, kami menambahkan fungsi subtotal ke dalam daftar fungsi kami di Google spreadsheets. Salah satu manfaat fungsi subtotal adalah fungsi ini berjalan dengan baik dengan Autofilter hanya dengan menggunakan data tak ter-filter ketika menghitung (fungsi lain, misalnya Sum, membutuhkan data kalkulasi yang telah ter-filter). Subtotal juga memberi Anda pilihan jenis fungsi yang Anda terapkan terhadap nilai-nilai tersebut dengan cepat, dengan memilih item dari drop-down list. Lihat artikel help kami untuk detailnya.
Fungsi serba guna ini umumnya digunakan para akuntan, profesional finansial, dan konsultan bisnis. Fungsi ini dapat juga sangat membantu siapa saja -- mari kita lihat mengapa.
Katakanlah Anda sedang membantu keluarga Anda merencanakan Hari Buruh tahunan di tepi pantai. Anda ingin mengetahui berapa banyak hot dog dan veggie dog yang harus dibeli. Untuk mengetahuinya, Anda membuat sebuah Google spreadsheet yang berisi seluruh anggota keluarga Anda, pilihan makan mereka, dan jumlah hot dog yang dimakan oleh setiap orang di beberapa acara kumpul keluarga terakhir.
Agar dapat menghitung dengan cepat seberapa banyak veggie dog yang perlu anda beli berdasarkan jumlah veggie dog yang dimakan bulan lalu, berikan filter ke kolom, urutkan hanya yang 'Yes' saja di kolom C, dan masukkan fungsi Subtotal ini di bawah tabel:
=SUBTOTAL(109, F2:F14)
Cell F2 hingga F14 menunjukkan jumlah hot dog yang dimakan oleh setiap anggota keluarga bulan lalu. "109" adalah kode yang mereferensi fungsi Sum ("9" juga bisa). Memasukkan fungsi Sum sederhana, dalam kasus ini (=SUM(F12:F14)) akan memasukkan semua jenis 'dog', veggie atau bukan, sementara Subtotal tidak menghitung hot dog yang telah difilter.
Fitur mudah lain dari fungsi Subtotal adalah kode fungsinya (misalnya "109" di atas) dapat diubah dengan ubah untuk merefer ke fungsi lain seperti rata-rata (Average), Minimum, dan Maximum. Hasilnya, Subtotal dapat digunakan untuk mempersingkat sejumlah kalkulasi.
Katakanlah Anda tidak hanya ingin melihat jumlah total hot dog yang dimakan setiap bulannya, tetapi juga jumlah rata-rata yang dimakan. Daripada membuat dua buah fungsi berbeda (Sum dan Average) untuk setiap bulan, Anda dapat menggunakan Subsotal.
  • Di cell yang terbuka -- mari gunakan B15 -- Anda akan membuat sebuah drop-down list yang kodenya berupa fungsi Sum dan Average (berturut-turut 109 dan 101). 
  • Dan di bawah kolom setiap bulan, Anda akan membuat fungsi Subtotal, tapi cell referensinya adalah B15 bukan dengan mengetikkan kode.
Untuk bulan Juni, karenanya, fungsi Anda akan terbaca: =SUTOTAL(B15, D2:D14)
Setiap kali Anda mengubah kode mana yang tampak di cell B15 melalui menu drop-down, nilai di setiap bulan juga akan ikut berubah, memperlihatkan baik itu nilai total maupun rata-rata hot dog yang dimakan oleh keluarga Anda hanya dalam sekali klik.
Semoga fungsi Subtotal membuat analisa data Anda menjadi lebih mudah -- bahkan mungkin lebih menyenangkan.


Diterjemahkan dari Tips & Tricks: Using the new Subtotal function in Google spreadsheets oleh Lai Kwan Wong, Software Engineer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar